sejarah Desa Wringinpitu

  24 Maret 2017  |  DESA WRINGINPITU

Tertulis / terdengar cerita daerah pedesaan yang subur, tumbuhan yang menghijau, di atas tanah yang datar di tumbuhi pohon dan semak yang masih lebat, hiduplah sekelompok masyarakat rukun dan damai meskipun penduduk dalam kehidupan primitif, karena disekitar sekelompok masyarakat tersebut terdapat Tujuh Pohon Beringin yang sangat lebat, maka dinamakanlah Desa Wringinpitu begituorang menyebutnya. 40 Km kearah selatan dari kota Banyuwangi. Desa Wringinpitu, lama – kelamaan menjadi ramai dengan adanya pendatang yang ingin menetap dan tinggal di desa itu. Tak kalah lagi desa Wringinpitu sudah terkenal di kalangan penduduk atau desa sekitar bahkan terdengar sampai keluar kota kabupaten. Konon cerita di desa ini ada dua ekor harimau yang satu berbulu Putih dan satunya berwarna Hitam (Ireng)  dan tempat berlindungnya antara satu dengan yang lain kurang lebih 2 Km, anehnya dari kedua Mahkluk ini tidak pernah menganggu masyarakat bahkan sebaliknya terkesan membantu terutama menjaga keamanan di Desa Wringinpitu, maka sampai saat ini tempat kedua makluk itu diyakini masyarakat sebagai tempat yang dikeramatkan. Dan setiap ada acara tahunan di desa wringinpitu ( Bersih Desa ) tempat tersebut untuk acara selamatan ( Tumpengan ) mengingat keyakinan masyarakat bahwa  Mbah Ireng dan Mbah Putih ( Sebutan untuk kedua Harimau tersebut ) adalah merupakan Danyang dari Desa Wringinpitu.

Pada suatu malam ada seorang warga yang melihat Cahaya yang berasal dari tempat dimana Mbah Ireng berlindung, seolah tidak percaya dengan kejadian yang dilihatnya warga tersebut menceriterakan apa yang dilihatnya kepada orang lain dan secara kebetulan salah seorang lawan bicaranya langsung mengiyakan atas kejadian itu akan tetapi dilain tempat, dan tempatitu tepat di tempat berlindungnya Mbah Putih, gelap berubah menjadi terang oleh cahaya  itu, kalau dulu terang oleh cahaya pada suatu tempat, kenyataan itu sekarang sudah berubah, justru para warga Wringinpitu yang di motori oleh para perangkat desa, tokoh, masyarakat dan pemuda, bersatu untuk mengubah Wringinpitu menjadi ikon baru yang terang benderang di era modern karena listrik masuk Desa dan internet masuk desa.

Sejarah Kepala Desa Wringinpitu mulai berdiri sampai sekarang

 

No

Periode

Nama Kepala Desa

Keterangan

1

Tidak diketahui

RESO UTOMO

 Sebelum Tahun 1927

2

……s/d 1966

MERTO DIRYO

 Tidak diketahui berapa

periode

3

1966 s/d 1972

Pj. Kades I. TOMOREJO

 Selama 6 Thn. (1 Periode)

4

1972 s/d 1989

DIRYO RIYANTO

 Selama 14 Thn.(2 Periode)

5

1989 s/d 1990

Pj. Kades Diryo Riyanto

 Selama 6 Bulan

6

1990 s/d 1998

DIMYATI

 Selama 8 Thn.(1 Periode)

7

1998 s/d 1999

Pj. Kades T. SURADI

 Selama 6 Bulan

8

1999 s/d 2013

BEROYONO

  Dua Periode

8

2013 s/d Sekarang

BUDI PURNOMO

Sekarang

Geografi Desa

No

Uraian

Keterangan

1

Luas wilayah    :  958,860 Ha

 

2

Jumlah Dusun : 3 (Tiga)

1) Dusun Ringinanom

2) Dusun Ringinasri

3) Dusun Bayatrejo

 

3

Batas wilayah :

a. Utara         : Desa Plampangrejo dan Sumberberas

b. Selatan      : Desa Tegaldlimo

c. Barat      :  Desa Sidorejo

d. Timur    :  Desa Kedunggebang

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Topografi

a. Luas kemiringan lahan (rata-rata)

1. Datar 958,860 Ha

b. Ketinggian di atas permukaan laut (rata-rata)   250 m

 

5

Hidrologi :

Irigasi berpengairan tehnis serta sumur bor

 

6

 Klimatologi :

a.  Suhu   27 – 30 °C

b.  Curah Hujan          2000/3000 mm

c.  Kelembaban udara

d.  Kecepatan angin

 

7

Luas lahan pertanian

a.  Sawah teririgasi       :340Ha

b.   Sawah tadah hujan       :  361,31 Ha

 

 

8

Luas lahan pemukiman       :  257,55 Ha

 

9

 Kawasan rawan bencana :

a.     Banjir                     : 50 Ha

 

Demografi Desa

Dari data yang ada diketahui jumlah penduduk Desa Wringinpitu pada tahun 2015 tercatat sebanyak 9.106 jiwa, terdiri atas 4.394 jiwa penduduk laki – laki dan 4.712 jiwa penduduk perempuan yang tersebar di tiga dusun. Dari total jumlah penduduk sekitar 56.36 % atau sebanyak 5.133 orang adalah penduduk usia kerja.

Jumlah Angkatan kerja di Desa Wringinpitu terbanyak adalah Tamatan SLTA, yaitu mencapai 25,68 % dari total jumlah penduduk usia kerja atau sebanyak 1.318 jiwa dari total 5.133 jiwa penduduk usia kerja di Desa Wringinpitu, sedangkan jumlah angkatan kerja  menurut tingkat pendidikan meliputi , tidak tamat SD atau yang sederajat 0, tamat SD atau yang sederajat 0 jiwa, tamat  SLTP atau yang sederajatsekitar 585  jiwa atau sekitar 11.41 %, tamatan SLTA sekitar 1.318 jiwa atau sekitar 25,68 %, dan perguruan tinggi sekitar 298 jiwa atau sekitar 5,82 %.

Keadaan Sosial Desa

a. Kondisi Pendidikan

 

Sesuai dengan data yang ada, jumlah Remaja putus sekolah di Desa Wringinpitu terbanyak adalah remaja putus sekolah SLTA yaitu sekitar 1,09 % dari total remaja putus sekolah yang ada di Desa Wringinpitu, dari data tersebut bisa dikatakan bahwa kondisi pendidikan di Desa Wringinpitu cukup memuaskan, namun juga masih membutuhkan perhatian dari pemerintah, terutama berkaitan dengan peran pemerintah dalam mengatasi tingginya angka putus sekolah yang ada di Desa Wringinpitu.

Disamping itu remaja putus sekolah di Desa Wringinpitu selama ini bukan hanya disebabkan oleh faktor ekonomi akan tetapi juga disebabkan oleh kesadaran para orang tua akan pentingnya pendidikan dimasa yang akan datang.

 

b. kondisi Kesehatan

 

Sesuai data yang ada tingkat kesadaran warga Desa Wringinpitu terhadap pentingnya pola hidup sehat masih kurang, hal ini bisa dilihat dari banyaknya rumah kurang layak huni yang ada di Desa Wringinpitu yaitu mencapai 55 rumah atau sekitar 1,86 % dari jumlah rumah 2.962 rumah. Selain itu dalam pemenuhan air bersih dan ketersediaan jamban keluarga di tiap rumah tangga ternyata masih banyak yang belum memiliki prasarana air bersih (PAB) dan jamban keluarga. Dari data yang ada diketahui bahwa rumah yang memiliki sumur gali ( Karena Desa Wringinpitu masih sebagian kecil yang tersentuh oleh program air bersih / pipanisasi ) baru sekitar 15 % dari jumlah rumah yang ada. Untuk jamban keluarga masih berkisar dibawah 35 % dari jumlah keluarga atau sekitar 1.036 keluarga.

 

Masih adanya jumlah rumah kuranglayak huni dan masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan diri dan lingkungan di Desa Wringinpitu pada umumnya disebabkan karena faktor ekonomi serta faktor kebiasaan yang sulit dihilangkan dalam kehidupan masyarakat desa. Sebagai misal adalah kebiasaan warga untuk mengunakan sungai sebagai saran MCK meskipun dirumah sudah tersedia sarana air bersih atau MCK / Jamban / WC.

 

c. Kondisi Budaya

 

          Dari lima agama yang disahkan oleh Pemerintah, jumlah pemeluk agama terbanyak yang ada di Desa Wringinpitu adalah pemeluk agama Islam yaitu mencapai 7.477 orang atau sekitar 82,12 % dari jumlah pemeluk agama yang ada di Desa Wringinpitu, selain itu jumlah penduduk pemeluk agama Hindu termasuk cukup banyak mencapai 407 orang atau sekitar 4,74 %, Agama Budha mencapai 483 orang atau sekitar 5,31 %, kemudian pemeluk agama Kristiani yang mencapai 402 atau sekitar 4,42 % dan umat Khatolik mencapai 337 orang atau sekitar 3,7 %. Dari berbagai Pemeluk agama tersebut terdapat juga berbagai macam kegiatan yang bersifat keagamaan suatu misal ada kelompok yasinan, Jamaah Tahlil, Jamaah Pengajian, Kebaktian rumah tangga, Anjangsana dan lain – lain.

Kondisi sosial budaya di Desa Wringinpitu dapat digambarkan seperti tabel berikut ini sesuai dengan tingkat kesejahteraan penduduk yang berkembang selama ini.

 

TABEL  KONDISI SOSIAL BUDAYA DESA WRINGINPITU

No.

Uraian

Jumlah

Keterangan

1

Kependudukan

 

 

 

A. Jumlah Penduduk (Jiwa)

9.106

 

 

B. Jumlah KK

2.892

 

 

C. Jumlah laki-laki

 

 

 

a. 0 – 15 tahun

1.380

 

 

b. 16 – 55 tahun

2.534

 

 

c. Diatas 55 tahun

480

 

 

D. Jumlah perempuan

 

 

 

a. 0 – 15 tahun

1.780

 

 

b. 16 – 55 tahun

2.460

 

 

c. Diatas 55 tahun

472

 

2

Kesejahteraan Sosial

 

 

 

A. Jumlah KK Prasejahtera

1.250

 

 

B. Jumlah KK Sejahtera

107

 

 

C. Jumlah KK Kaya

-

 

 

D. Jumlah KK Sedang

970

 

 

E. Jumlah KK Miskin

565

 

3

Tingkat Pendidikan

 

 

 

A. Tidak tamat SD

 -

 

 

B. SD

3.169

 

 

C. SLTP

1.536

 

 

D. SLTA

3.744

 

 

E. Diploma/Sarjana

 

 

657

 

4

Mata Pencaharian

 

 

 

A. Buruh Tani

3.623

 

 

B. Petani

3.012

 

 

C. Peternak

1.043

 

 

D. Pedagang

65

 

 

E. Tukang Kayu

10

 

 

F. Tukang Batu

15

 

 

G. Penjahit

10

 

 

H. PNS

66

 

 

I. Pensiunan

25

 

 

J. TNI/Polri

40

 

 

K. Perangkat Desa

23

 

 

L. Pengrajin

314

 

 

M.Industri kecil

12

 

 

N. Buruh Industri

105

 

 

O. Lain-lain

743

 

5

Agama

 

 

 

A. Islam

7.477

 

 

B. Kristen

402

 

 

C. Katolik

337

 

 

D. Hindu

407

 

 

E. Budha

483

 

d. Kondisi Kesenian.

          Secara kultur Historis warga Desa Wringinpitu banyak berasal dari wilayah Jawa Timur bagian barat dan sebagian Jawa Tengah ( Suku Jawa ) dengan demikian kesenian yang berkembang dan masih lestari di Desa Wringinpitu sampai saat ini lebih banyak diwarnai oleh kesenian – kesenian jawa seperti Jaranan, Campur sari, Kendang Kentong, dan Kencrengan. Sedangkan Olahraga yang sangat digemari baik oleh para pemuda maupun orang tua saat ini adalah Sepak bola, Bola Volley, dan Badminton.

e. Adat Istiadat

  Adat Istiadat di Desa Wringinpitu atau norma – norma yang masih berlaku meliputi Mendak Tirta dan Bersih Desa. Sementara itu gotong royong warga desa juga masih sangat kuat dan kental, terlihat pada saat ada Hajatan baik pernikahan ataupun khitanan, mendirikan rumah, rukun kematian dan kegiatan – kegiatan yang bersifat sosial lainnya masyarakat Desa Wringinpitu masih guyub, sesuai budaya orang timur saling gotong royong seiring perkembangan Desa Wringinpitu

Keadaan Ekonomi

          Perekonomian warga Desa Wringinpitu selama ini bertumpu pada sektor pertanian dengan mata pencaharian mayoritas sebagai petani pemilik lahan yaitu sebanyak 2.654 orang. Dan sebagian buruh tani yaitu sebanyak 3.981 orang. Selain itu jumlah penduduk Desa Wringinpitu yang bermata pencaharian lain diluar sektor pertanian meliputi tukang batu, tukang kayu, tukang cukur, sopir, montir, dan pedagang keliling sebanyak 1.274 orang, Guru sebanyak 159 orang, TNI / POLRI, PNS,dan Pensiunan sebanyak 106 orang. 

Pembagian Wilayah Desa

           Desa Wringinpitu luasnya 958,86 Ha. Terbagi menjadi tiga dusun yaitu :

1. Dusun Ringinanom terletak disebelah selatan bagian barat dari Desa Wringinpitu berbatasan dengan Desa Sidorejo Kecamatan Purwoharjo dan Desa Tegaldlimo Kecamatan Tegaldlimo.

2.   Dusun Ringinasri terletak disebelah utara bagian barat dari Desa Wringinpitu berbatasan dengan Desa Sidorejo Kecamatan Purwoharjo dan Desa Plampangrejo Kecamatan Cluring.

3. Dusun Bayatrejo terletak disebelah timur dari Desa Wringinpitu sebelah utara berbatasan dengan Desa Sumberberas Kecamatan Muncar, sebelah timur berbatasan dengan Desa Kedunggebang Kecamatan Tegaldlimo dan sebelah selatan berbatasan dengan Desa Tegaldlimo Kecamatan Tegaldlimo.

 

Contact Details

  Alamat :   Jl. Diponegoro Nomor 23 Desa Wringinpitu
  Email : Desa_Wringinpitu@yahoo.com
  Telp. : (0333) 597 461
  Instagram :
  Facebook : Desa_Wringinpitu@yahoo.com
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi